RANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN SOPSAU DENGAN METODOLOGI TERSTRUKTUR

Nike Herlina

Abstract

ABSTRAKSI

Dari kondisi yang ada saat ini, dengan masih belum tersedianya pencatatan peminjaman dan pengembalian buku yang masih manual atau kertas pencatatan buku yang dipinjam dan dikembalikan, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan pada waktu penyimpanan data yang dibutuhkan untuk menunjang proses operasional maupun bagi instansi lain yang ingin meminjam buku di Sopsau mengalami kesulitan dalam pencariannya juga membutuhkan waktu yang lama dalam proses peminjaman buku tersebut. Misalnya saja kesalahan dalam mencatat judul buku yang dipinjam oleh anggota dan jumlah yang dipinjamnya. Melihat kenyataan itu, penulis mencoba membantu untuk mengatasi masalah dalam proses peminjaman dan pengembalian buku dengan cara membuat sistem yang masih manual menjadi sistem yang sudah terkomputerisasi untuk mempermudah proses input, edit, maupun penyimpanan data. Untuk merancang program ini, penulis membuat rancangan masukan yang berisi proses data buku, proses data anggota, proses peminjaman dan pengembalian, dan proses rancangan keluaran yang menghasilkan laporan-laporan yang berhubungan dengan peminjaman dan pengembalian buku. Penulis juga menggunakan software Visual Basic 6.0 yang memiliki kelebihan, diantaranya sarana akses data yang lebih cepat dan tampilannya yang menarik.       Metode penelitian yang dilakukan penulis untuk mendapatkan data-data yang akurat antara lain dengan metode observasi ke lapangan, wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan, serta dengan melakukan studi kepustakaan, yaitu dengan cara mencari referensi dari internet maupun data dari instansi terkait. Diharapkan dengan adanya perancangan sistem peminjaman dan pengembalian buku yang penulis buat, proses peminjaman dan pengembalian buku dapat menjadi lebih cepat dikerjakan dan permasalahan yang sering timbul dapat diminimalisir.

Full Text:

PDF

References

Adi Kurniadi, Pemprograman. Visual Basic 6.0, Jakarta, Gramedia.2000; hal 3

Awaludin, M. (2015). Penerapan Metode Distance Transform Pada Linear Discriminant Analysis Untuk Kemunculan Kulit Pada Deteksi Kulit. Journal of Intelligent Systems, 1(1), 49–55.

Awaludin, M. (2017). Penerapan Metode Inferensi Terhadap Penelusuran Silsilah Keluarga Berdasarkan Golongan Darah & Hla. Jurnal CKI On SPOT, 10(1).

Bowo, Eko Widodo. 2005 . Membuat Web dengan ASP dan Microsoft Access. Yogyakarta: Andi.

Davis. B. Gordon. 2005. Sistem Informasi Manajemen 2. Edisi Revisi. Indonesia: PPM.

Laudon, Kenneth C, Jane, 2008. Sistem Informasi Manajemen. Buku 1 edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Awaludin, M. (2015). Penerapan Metode Distance Transform Pada Linear Discriminant Analysis Untuk Kemunculan Kulit Pada Deteksi Kulit. Journal of Intelligent Systems, 1(1), 49–55.

Awaludin, M. (2017). Penerapan Metode Inferensi Terhadap Penelusuran Silsilah Keluarga Berdasarkan Golongan Darah & Hla. Jurnal CKI On SPOT, 10(1).

Riki, dkk. 2006. Perancangan Sistem Informasi Jurusan pada STMIK Raharja dengan Menggunakan Visual Basic 6.0. Skripsi. Tangerang : STMIK Raharja.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kamus data

http;//id.wikipedia.org/perpustakaan

www.staffsite.gunadarma.ac.id

www.Pikiran-Rakyat.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.