PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENCATATAN BARANG LABORATORIUM KOMPUTER FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIKA ATMA JAYA JAKARTA

Yohanes Wasiyo

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi elektronika di Indonesia saat ini sangat pesat sekali, khususnya dibidang komputer mengalami perkembangan yang sangat signifikan, Komputer dapat digunakan untuk mengolah data yang menghasilkan sebuah informasi, sebagian besar instansi membutuhkan komputer untuk mengolah data, salah satu kegiatan di instansi pendidikan yang membutuhkan komputer untuk mengolah data adalah kegiatan pendataan barang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Laboratorium Komputer Unika Atma Jaya Jakarta merupakan salah satu yang mempunyai barang pendataan atau aset yang cukup banyak untuk di inventarisasikan, namun selama ini proses inventarisasi barang pada laboratorium komputer tidak ada pencatatan barang pendataan dilakukan secara manual, sehingga pada saat dibutuhkan informasi data barang harus dilakukan pencatatan atau pengecekan barang pada saat itu juga, melalui penerapan sistem komputerisasi kemudahan pengolahan pencatatan barang dapat dirasakan oleh petugas. Penelitian ini akan menggunakan metode observasi, wawancara, analisis, dan perancangan, penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi inventaris pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Laboratorium Komputer Unika Atma Jaya Jakarta sebagai media penyampaian informasi data barang pencatatan yang efektif dan efisien, adanya sistem informasi pencatatan ini dapat mempermudah untuk mengetahui data inventaris yang dimiliki, dan dapat menyajikan laporan data pencatatan barang tepat waktu sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat, dan mempermudah dalam proses back up data.

 

Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Pencatatan

Full Text:

PDF

References

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta, Yogyakarta: 2002.

Adisaputro, Anggarini. 2007. Anggaran Bisnis Analisa, Perencanaan, dan Pengendalian Laba. Penerbit UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Awaludin, M. (2018). Penerapan Algoritma Rc4 Pada Operasi Xor Untuk Keamanan Pesan Pada Smartphone Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.35968/jsi.v4i1.71

Budi Sutedjo Dharma Oetomo (2002), Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.

Gordon B. Davis (1991), Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991.

Handoko, T. Hani. 1999. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 7. BPFE: Yogyakarta.

Hisyam Wahid Luthfi, dan Berliana Kusuma Riasti (2013), Sistem Informasi Perawatan Dan Inventaris Laboratorium Pada Smk Negeri 1 Rembang Berbasis Web, Jurnal Speed, Vol. 3 No. 3 (2011).

Jogiyanto HM. (1999), Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999.

Jogianto H.M. (2005), Sistem Teknologi Informasi. Andi, Yogyakarta: 2005.

Meitti Utami, 2013, Sistem Informasi Inventaris Pada Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro, sumber: eprints.dinus.ac.id/12629/1/jurnal_12796.pdf (diakses pada 17 November 2017)

Parmin,Wiyanto, Edy Cahyono, Enni Suwarsi, dan Edy Soedjoko, 2011, Persepsi Guru Tentang Fungsi Laboratorium Dalam Pembelajaran Matematika Dan Ipa, Seminar Nasional Konservasi Dan Kualitas Pendidikan. Sumber: http://lib.unnes.ac.id/23406/1/Wiyanto,_Edy_Cahyono,_Enni_Suwarsi,_Edy_Soedjoko_dan_Parmin.pdf (diunduh pada 17 November 2016).

Rangkuti, F. 2004, Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis, Penerbit Erlangga: Jakarta 2004.

Sukarso (2005), Pengertian Dan Fungsi Laboratorium, Model Pembelajaran, sumber:www.wanmustafa.wordpress.com (diunduh pada 17 November 2016).

Tata Sutabri, 2005, Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta, Andi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.