ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN BARANG-BARANG MATERIAL PROMOSI BERBASIS WEB DI KANTOR DEPO RUKO ROXY MAS JAKARTA PT. XL AXIATA, TBK

Syachroni Syachroni

Abstract

ABSTRAKSI

Manajemen pengolahan data keluar masuk barang merupakan masalah penting yang dihadapi oleh perusahaan khususnya perusahaan yang memiliki sistem inventori atau persediaan di dalam menjalankan operasional perusahaan. Untuk mendukung kelancaran dan kinerja perusahaan, perlu adanya sistem yang dapat mengatur pengolahan data tersebut, sehingga setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat, rapih, aman, efektif dan effisien. Oleh sebab itu dalam manajemen pengolahan data keluar masuk barang perlu adanya aplikasi sistem informasi pengolahan data keluar masuknya barang untuk mempermudah pengontrolan persediaan stok barang, darimana dan kemana saja barang-barang tersebut keluar. Bagian Staff Promosi di gudang depo roxy mas PT. XL Axiata, Tbk mempunyai tugas yang salah satunya adalah mengolah data keluar masuk barang material promosi,  serta pembuatan laporan barang-barang material promosi yang sudah terpasang. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat suatu aplikasi berbasis web, yang di dalamnya dapat melakukan proses pengolahan data keluar masuk barang material promosi, informasi stok barang, serta laporan barang material promosi yang sudah terpasang. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Prototype dan aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrogram PHP dan HTML, sedangkan databasenya menggunakan MySQL. Sedangkan program yang digunakan untuk membuat aplikasi ini ialah XAMPP for Windows , Photoshop, dan Macromedia Dreamweaver.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Berbasis Web, PHP, MySQL, Prototype.

Full Text:

PDF

References

Alexander F.K. Sibero. 2011. “Kitab Suci Web Programming”.Yogyakarta: Mediakom.

Anhar, S.T. 2010. “Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak”. Jakarta: Mediakita.

Gordon, Davis. B. 1991. “Sistem informasi manajemen”. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Hartono, Jogiyanto. 2005. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset.

Henderi, Maimunah, dan Randy Andrian. 2011. "Desain aplikasi E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Artificial Informatics". Journal CCIT Vol-4 No.3 – Mei 2011.

Kadir, Abdul. 2008. “Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP”. Yogyakarta: Penerbit Andi

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2005. “Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyana, Y.B, S.Kom. 2004. “Membangun Situs Menggunakan PHP dan MySQL”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nugroho, Adi. 2010. “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java”.Yogyakarta: Andi Offset.

Nugroho, Bunafit. 2004. “Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus. Membuat Sistem Infromasi Pengolahan Data Buku)”. Yogyakarta: Gava Media.

Presman, Roger S. 2010. “Software Engineering”. New York: a practicioner’s approach. McGraw-Hill Inc.

Priyanti, R., & Awaludin, M. (2016). Penerapan User Acceptance Test Untuk Perancangan Dan Pembangunan Sistem Pemesanan Obat Studi Kasus Pada Poliklinik Pratama Jakarta. 9(2).

Saputro, Haris. 2005. “Manajemen Database MySQL”. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.

Soeherman, Bonnie & Marion Pinontoan. 2008. “Designing Information System Concepts & Cases with Visio”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sunyoto, Andi. 2007. “Ajax Membangun Web dengan teknologi Asynchronouse Javascript & XML”. Yogyakarta: Andi Offset.

Sutabri, Tata. 2012.“Konsep Dasar Sistem Informasi”.Yogyakarta: Andi Offset.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.